Minggu, 20 Maret 2011

Mie Ayam Perdanaku

Saya suka banget makan Mie Ayam. Dulu sama anak-anak di kantor demen Makan Mie Ayam deket lapangan Bulu Tangkis yang lumayan ngetop di kalangan pegawai di Manggala Wanabakti. Tapi, semenjak rutin bawa bekel sendiri udah jarang jajan mie ayam lagi. Kebetulan cek kulkas ada ayam. Cari resep di internet dan sedikit dimodifikasi aja sesuai selera. Emang bikin sendiri agak ribet dibandingin jalan ke tukang mie ayam terus pesen mie ayam sesuai kepengenan kita. Tapi kalo hasilnya enak, semuanya terbayarkan deh. Langsung ke resep aja yah, Cekidot!

Untuk Topping Ayamnya :
250 gr Dada Ayam, potong dadu
3 sdm kecap manis
1 sdm kaldu ayam bubuk
Air secukupnya

Haluskan :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar, sangrai
3 cm kunyit, iris-iris terus disangrai
4 buah kemiri, iris-iris terus disangrai
3 cm jahe

Tumis bumbu halus di api sedang, sampe harum, baru masukin ayamnya. Tumis sampe ayam mateng dan bumbunya meresap. Tambahin kecap manis, kaldu bubuk dan air, tumis lagi terus ditutup sampe ayam mateng. Kalo udah pas rasanya (dah mirip kaya yang suka beli di abang mie ayam). Matiin api, sisihkan.

Minyak Ayam :
Siapin kulit dan lemak ayam. Geprek 2 siung bawang putih. Panaskan ayam dan bawang putih di atas api kecil sampe minyaknya keluar. Kalo gak mau repot, tinggal ambil minyak bawang (biasanya ada di kemasan mie goreng Indomie). Tapi Minyak ayam rasanya gurih.

Saatnya Mencampur semua bahan :
  • Rebus Mie (kalo gak ada mie buat mie ayam pake mie telor atau mie instan juga boleh). Kali ini saya pake mie instan. Kalo pake mie instan, rebus utuh aja mie-nya, gak perlu dihancurin.
  • Barengan sama Mie, rebus juga sayuran semacam sawi/caisim.
  • Siapin mangkuknya, beri 1-2 sdm minyak ayam yang kita bikin tadi, sama 1/2 sdm kaldu ayam bubuk.
  • Tiriskan mie dan sayur, masukin ke mangkuk dan campurin dengan minyak dan kaldu ayam. Pake sumpit, pake gaya abang-abang pas nyiapin mie ayam.
  • Kasih topping ayam di atasnya. Terus taburi rajangan bawang daun dan bawang goreng.
  • Tambahin kecap dan saos cabe sesuai selera.
  • Buat yang doyan kuah, bisa disajikan dengan kaldu ayam (caranya, tinggal rebus tulang ayam dengan air, kasih garam dan merica putih. Rebus sampe harum dan mendidih) Jadi deh. Bisa di tambah baso atau pangsit ayam.


This is it! Mie Ayam Perdanaku siap disantap.. :)


2 komentar:

  1. rebus kaldu ayamnya jangan lupa pk sedikit jahe iris atau cengkeh biar ga hanyir....aku ke Bintaro masakin ya mbak..hihihihihi...

    BalasHapus
  2. Siiiip deh cha.. kebetulan orang rumah pada gak doyan pake kuah, senengnya kering.. ditunggu kedatangannya di Bintaro..

    BalasHapus