Rabu, 30 Maret 2011

Martabak Terang Bulan

Malem-malem, ujan, dingin, laper, makan yang anget-anget empuk, emang paling enak deh. Gimana kalo kita bikin martabak terang bulan? Kalo di kampungku nyebutnya "Martabak Bangka". Apapun namanya, ini dia resepnya..

Bahan :
350 ml santan (kelapa parut direndam dengan air hangat, baru diperas)
1 sdt ragi instan / fermippan
150 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
2 butir telur ayam
1 sdt soda kue
Mentega blue band untuk mengoles

Cara Membuat :
  1. Campur ragi instan dengan santan hangat. Sisihkan.
  2. Campur gula, soda kue dan terigu di dalam baskom. Setelah tercampur rata, buat lubang di tengah baskom lalu masukkan telur.
  3. Aduk adonan dengan menggunakan whisk (kocokan manual) sambil tuangkan santan yang tadi dicampur dengan ragi, sedikit-demi sedikit.
  4. Setelah adonan rata dan halus, diamkan 20 - 30 menit hingga mengembang.
  5. Panaskan teflon dengan api kecil, olesi dengan sedikit Blue Band.
  6. Masukkan 3/4 gelas adonan yang sudah mengembang tadi.
  7. Putar-putar teflon hingga membentuk lapisan tipis dan garing di pinggiran teflon.
  8. Bila permukaan martabak sudah matang merata, sedikit berongga dan lapisan luarnya garing, letakkan martabak ke atas talenan / piring.
  9. Beri topping sesuai selera (Kali ini Na pake topping ala martabak bangka : kacang sangrai yang dihaluskan , gula, coklat. meises dan susu kental manis)


Potong dua martabaknya lalu ditumpuk, baru dipotong-potong lagi menjadi potongan kecil. Udah deh, tinggal disajikan martabaknya. Paling enak pake teh hangat ya :)

Mungkin kepikiran kok ya repot amat bikin martabak sendiri, kan lebih gampang beli aja. Ini kakakku sendiri yang bilang. Pertimbangan Na sih sederhana aja, selain bebas debu jalanan, dengan bikin martabak sendiri kita bisa kontrol pemakaian gula dan menteganya. Yang jelas lebih sehat kan..? Asyeeeekk..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar